Wisata Pulau Batanta di Raja Ampat yang Mempesona

Pulau Batanta

Mengunjungi Raja Ampat memang tidak cukup dengan satu pulau saja karena ada pulau-pulau lainnya yang menunggu untuk disambangi. Salah satu yang paling terkenal dan memiliki potensi wisata alam cantik adalah Pulau Batanta. Di sana Anda akan menemukan keseruan yang berbeda dan juga mendapatkan pengalaman baru tak terlupakan. Oleh karena itu simak ulasannya di sini.

Pulau Batanta merupakan salah satu pulau di Kepulauan Raja Ampat yang terbesar. Pulau besar itu antara lain Pulau Salawati, Pulau Misool, Waigeo dan Batanta sendiri. Kecantikan alamnya pun juga memiliki keunikan dan keistimewaan yang berbeda-beda. Untuk itu para wisatawan wajib mengunjungi pulau nan eksotis ini ketika berada di Raja Ampat. Berikut ini ada keistimewaan yang harus Anda ketahui.

Keistimewaan Pulau Batanta di Raja Ampat

  1. Wisata Air Terjun Batanta

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang unik di Raja Ampat maka bisa mengunjungi tempat wisata air terjun Batanta. Ya, selain wisata bahari di pulau tersebut juga terdapat wisata alam lain yang eksotis untuk dijadikan tempat refreshing. Air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter tersebut berada di pedalaman hutan bakau Pulau Batanta. Anda pun bisa menggunakan speed boat untuk menjangkau tempat itu. Hal unik lain yang terdapat di air terjun ini adalah terdapat goa kecil di belakangnya. Goa tersebut bisa dimasuki maksimal 5 orang. Anda pun bisa merasakan kesegaran air terjun dengan berenang di sana. Karena masih sangat alami, perjalanan menuju ke tempat ini pun bisa membuat Anda terkesan.

  1. Melihat burung Cendrawasih

Tanah Papua merupakan rumah asli bagi burung cendrawasih. Burung yang menjadi ikon permata Indonesia Timur tersebut bisa Anda lihat di Pulau Batanta. Di sini Anda bisa menyaksikan burung endemic tersebut secara liar dan secara langsung. Bila datang ke sini sebaiknya bersama tour guide supaya Anda bisa mengetahui dimana dan bagaimana cara memanggil burung tersebut. Namun Anda harus ingat satu hal, jangan pernah merusak tanaman satu pun di sana karena akan mempengaruhi ekosistem dan kehidupan burung cantik itu sendiri. Jadi, jaga terus kelestarian alamnya.

  1. Lautnya yang indah

Karena Raja Ampat terkenal dengan wisata baharinya yang elok, laut di sekitar Pulau Batanta pun juga sangat cantik. Di sini garis pantainya tidak begitu luas karena banyaknya perbukitan yang ada di sekitar pulau. Terlepas dari itu, pasir pantai di pulau tersebut memiliki warna putih dan mempunyai tekstur yang lembut. Tidak hanya itu saja, air lautnya yang begitu jernih seakan memanggil Anda untuk menyeburkan diri. Bagaimana tidak? Warna air laut biru jernih dan tak jarang ikan dan terumbu karang pun bisa dilihat dengan jelas. Saat berada di sini memang wajib hukumnya untuk berenang-renang.

  1. Terdapat desa wisata Marandanweser dan Waiweser

Saat mengunjungi pulau ini Anda jangan takut akan kemalaman karena di sana terdapat desa wisata yang penduduknya menyewakan homestay. Para masyarakat Marandanweser dan Waiweser sudah terbiasa dengan kedatangan para pelancong dan mereka pun selalu menyewakan rumahnya untuk para turis. Selain itu, penduduk di desa itu juga sering menawarkan cindera mata. Biasanya yang mereka tawarkan pada wisatawan adalah kain tenun.

  1. Terdapat spot menyelam yang menjadi favorit wisatawan

Selain Pulau Salawati, di Pulau Batanta pun juga menjadi saksi bisu terjadinya Perang Dunia II. Di bawah laut pulau tersebut terdapat bangkai pesawat bekas Perang Dunia II yang bisa Anda lihat di sana. Di lokasi tersebut menjadi salah satu spot favorit bagi para penyelam karena selain ingin melihat bangkai pesawat, ikan-ikan di sana juga banyak dan berwarna-warni. Ada studi yang menyebutkan bahwa 75% biota laut dunia terdapat di laut Raja Ampat. Jadi Anda bisa berbangga bahwa laut di sini sangat kaya dan indah.

Keistimewaan di atas menjadikan Pulau Batanta sangat layak untuk dijadikan tempat berlibur. Di sana Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman baru serta bisa melihat keaslian alam yang ada di pulau itu. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan saat berlibur di sana. Pertama bawalah sunblock untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Sinar matahari di Raja Ampat memang sangat terik terutama pada bulan Agustus, untuk itu Anda disarankan membawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam dan juga sunblock.

Selain itu, Anda juga harus membawa obat-obatan sendiri untuk berjaga-jaga karena di sana jauh dari rumah sakit. Yang paling utama adalah membawa obat nyamuk. Nyamuk di Raja Ampat memang sangat banyak waktu malam jadi jangan sampai liburan Anda menjadi terganggu. Satu lagi yang harus Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan. Alam di Pulau Batanta masih sangat alami jadi harus dijaga sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *