Panduan Wisata Raja Ampat dan Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Panduan wisata ke raja ampat

Saat jenuh menjalani rutinitas pekerjaan, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk kembali menyegarkan pikiran agar tidak stress kerja adalah dengan berwisata. Menyinggung tentang berwisata, ada banyak tempat dan jenis wisata di Indonesia yang sebenarnya sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata yang dimaksud adalah wisata Raja Ampat. Pernahkah Anda mengunjungi wisata ini? Jika belum, pada kesempatan kali ini Anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih karena apa yang dibahas kali ini adalah panduan wisata Raja Ampat.

Saat ini, hampir sebagian besar warga Indonesia pernah mendengar Raja Ampat meskipun banyak pula yang belum pernah mengunjunginya. Sebelum membahas lebih jauh mengenai panduan wisata Raja Ampat, Anda bisa menyimak pengantar tambahan terkait wisata ini, Raja Ampat merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di Papua. Pulau-pulau yang ada di provinsi bagian timur Indonesia ini konon diambil namanya berdasarkan cerita mitos atau legenda masyarakat lokalnya.

 

Panduan Wisata Raja Ampat: Perjalanan

Sebagai pembuka terkait panduan wisata Raja Ampat, hal pertama yang harus dipikirkan saat ingin melakukan perjalanan ke salah satu wisata populer di timur Indonesia ini adalah perjalanan berikut akomodasinya. Bagi yang berasal dari jauh seperti Jakarta, Anda bisa menggunakan transportasi pesawat yang berangkat menuju Sorong Papua. Ada banyak penyedia jasa transportasi penerbangan yang bisa dipilih. Pemesanan tiket kini tidak repot karena Anda bisa memesan tiket pesawat secara online. Bahkan, pemesanan tiket untuk pulang dari Sorong ke kota tempat Anda tinggal juga tersedia. Bagaimana dengan harga tiketnya? Bagi yang memilih jasa transportasi penerbangan yang bagus, harga yang harus dikeluarkan tentu saja tidak sedikit.

Setelah menempuh perjalanan udara selama beberapa jam, Anda akan tiba di bandara Domine Eduard Osok Sorong. Dari bandara tersebut, Anda harus menempuh perjalanan lagi menuju pelabuhan. Untuk sampai di pelabuhan yang dimaksud, Anda bisa memilih untuk memanfaatkan satu dari 3 pilihan kendaraan transportasi. Tiga pilihan yang dimaksud dalam panduan wisata Raja Ampat ini yaitu angkutan umum, sepeda motor alias ojek, dan mobil sewa. Bagi yang tidak mempermasalahkan budget alias biaya, menggunakan mobil sewa adalah pilihan pertama yang bisa dipilih. Sebaliknya, untuk yang ingin berlibur ala backpacker dimana biaya sangat diminimalisir, jasa angkutan umum adalah solusi yang paling tepat.

Khusus untuk yang memanfaatkan angkutan umum, Anda bisa menaiki kendaraan umum yang memiliki tampilan kuning. Jika tidak macet, perjalanan bisa ditempuh hanya dalam waktu 10 menit. Setibanya di pelabuhan, Anda juga bisa memilih kendaraan laut seperti apa yang ingin dinaiki. Pelabuhan ini pada umumnya menyediakan dua jenis kapal, yaitu kapal cepat dan kapal lambat. Jika ingin menggunakan kapal cepat, sebaiknya cek kembali hari dan waktu kapal beroperasi. Mengapa? Setiap harinya, kapal cepat hanya memiliki 1-2 jadwal keberangkatan. Untuk hari Sabtu, Minggu, Selasa, dan Kamis misalnya, hanya ada satu jadwal keberangkatan, yaitu pukul 2 siang WIT. Untuk hari-hari selain hari tersebut, ada 2 jadwal keberangkatan, yaitu pukul 9 pagi dan 2 siang. Lalu, bagaimana dengan kapal lambat? Kapal lambat memiliki jadwal yang lebih fleksibel dibandingkan kapal cepat. Hanya saja, waktu perjalanan dengan kapal lambat 2 jam lebih lama dibandingkan kapal cepat. Walau begitu, biaya untuk transportasi kapal lambat dipastikan lebih murah dibandingkan biaya untuk kapal cepat.

Bagi yang mencari info panduan wisata Raja Ampat, khususnya terkait transportasinya, ada satu lagi pilihan perjalanan yang bisa dipilih. Transportasi perjalanan yang dimaksud adalah dengan menggunakan pesawat yang berangkat dari bandara Sorong menuju ibukota Raja Ampat, yaitu Waisai. Namun, untuk menggunakan layanan istimewa ini, Anda harus menghubungi pihak penyedia jasa tersebut via telepon terlebih dahulu.

 

Panduan Wisata Raja Ampat: Apa Saja yang Bisa Ditemukan di Sana?

Poin penting berikutnya yang mereka yang ingin mendalami panduan wisata Raja Ampat agar mendapatkan liburan yang menyenangkan adalah mengetahui tempat mana saja yang menarik untuk didatangi serta apa saja yang bisa ditemukan dari tempat wisata ini. Seperti yang sedikit disinggung di awal, Raja Ampat adalah gugusan dari banyak pulau. Diantara sekian banyak pulau yang ada tersebut, ada empat pulau utama yang terkenal di kalangan wisatawan. Keempat pulau tersebut adalah Misool, Waigeo, Batanta, dan Salawati. Masing-masing pulau tersebut memiliki keindahan tersendiri. Sebagai contoh, di Misool yang terletak di bagian selatan Raja Ampat, Anda bisa menikmati berbagai keanekaragaman darat dan laut.

  1. Pantai

Karena dilingkupi oleh laut, beberapa kawasan pulau yang ada di Raja Ampat memiliki beberapa wisata pantai yang tidak kalah menariknya dengan tempat lain. Bahkan, beberapa pantai terlihat eksotis karena belum banyak dikenal orang. Jika tertarik, Anda bisa menikmati indahnya Pulau Misool Raja Ampat dengan singgah di salah satu pantai pasir putihnya yaitu Pantai Banos.

  1. Aneka Biota Laut

Adanya panduan wisata Raja Ampat akan sangat membantu mereka yang belum pernah dan sama sekali kurang tahu menahu dengan wisata ini, khususnya terkait apa yang bisa disaksikan saat berkunjung. Perlu Anda ketahui, bahwa Raja Ampat merupakan surga bagi beragam jenis ikan dan biota laut. Di lokasi ini, ada sekitar 1.300 spesies ikan yang hidup diantara terumbu karang. Untuk menyaksikan biota laut tersebut, Anda bisa menyewa kapal yang dilengkapi dengan fitur khusus pada dasarnya sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan dasar laut dari atas kapal.

  1. Aneka Satwa Burung

Selain pemandangan laut yang menyejukkan mata, Anda juga bisa menyaksikan berbagai jenis burung yang hidup di kawasan Sapokren, Sawinggrai, atau Yenwaupnor. Salah satu jenis burung khas Papua yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain adalah burung Cenderawasih yang memiliki bulu bak warna pelangi. Selain Cenderawasih, Anda juga bisa menyaksikan jenis burung lainnya seperti Kakatua, Elang, dan sebagainya.

  1. Pemandangan Karst dan Air Terjun

Walaupun terdiri atas banyak pulau, bukan berarti semua wisata yang ditawarkan oleh pemerintah Raja Ampat adalah pantai dan laut. Pengunjung yang ingin menyaksikan seperti apa suasana alam di kawasan dataran tinggi Raja Ampat bisa melakukan penjelajahan untuk menyaksikan pulau karst seperti yang ada di pulau Wayag atau penjelajahan hutan untuk menemukan air terjun dan sumber mata airnya.

  1. Wisata Budaya

Selain beberapa hal di atas, Anda yang berlibur bersama keluarga bisa melakukan kegiatan wisata yang tidak banyak menguras tenaga seperti kunjungan ke berbagai kawasan budaya Raja Ampat. Apabila tertarik, Anda bisa melakukan kunjungan ke Desa Arborek yang menawarkan hasil kerajinan tangannya seperti tas. Anda juga bisa belajar cara memahat kayu pada pengrajin seni suku asli Papua yaitu Suku Asmat. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan atraksi budaya atau upacara khusus yang diadakan oleh warga asli Waigeo. Bagi banyak wisatawan yang mengajak keluarganya, panduan wisata Raja Ampat khususnya yang berkaitan dengan budaya lebih banyak dicari.

 

Panduan Wisata Raja Ampat: Aktivitas Petualangan yang Banyak Dilakukan

Panduan wisata Raja Ampat untuk mereka yang menyukai aktivitas wisata petualangan bisa disimak melalui penjelasan berikut ini. Bagi wisatawan asing ataupun wisatawan domestik yang mengajak pasangan, rekan kerja, ataupun teman karibnya, ada beberapa jenis wisata petualangan yang bisa dilakukan di Raja Ampat. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Diving alias Menyelam

Diving atau menyelam merupakan salah satu aktivitas wisata yang banyak digemari wisatawan saat berkunjung ke Raja Ampat. Dari sekian banyak spot yang ada, spot diving di bagian selatan Waigeo-lah yang menjadi favorit wisatawan. Walau begitu, ada spot diving lainnya yang juga menarik. Beberapa contohnya ada di Batanta, Waigeo barat, dan Kofiau. Pada umumnya, masing-masing lokasi memiliki wilayah khusus untuk penyelam pemula hingga profesional.

  1. Snorkeling

Snorkeling merupakan jenis aktivitas wisata yang juga banyak dilakukan para wisatawan. Seperti aktivitas diving, panduan wisata Raja Ampat terkait aktivitas ini masih berhubungan dengan peralatan lengkap untuk snorkeling sehingga tidak ada hal buruk terjadi. Snorkeling pada umumnya dijadikan sebagai alternatif oleh wisatawan yang tidak ingin mencoba diving.

  1. Sailing alias Berlayar

Beberapa lokasi wisata di Raja Ampat juga menyediakan fasilitas seperti perahu yang ingin mencoba berlayar alias sailing. Hanya saja, biaya yang dibutuhkan untuk menyewa perahu layar berikut dengan peralatan keamanan lainnya yang diperlukan mungkin tidaklah murah. Karena itu, sebelumnya Anda bisa mengecek dulu berapa biaya yang perlu dibayarkan serta apakah budget mencukupi untuk aktivitas tersebut.

  1. Kayaking

Kayaking merupakan salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggunakan kayak, yaitu perahu khusus yang biasanya hanya memuat satu orang. Walaupun kalah populer dengan diving, kayaking juga menjadi favorit para wisatawan khususnya wisatawan asing.

  1. Memancing

Apabila Anda merupakan orang yang gemar memancing, tidak ada salahnya untuk menjajal pengalaman memancing di kawasan Raja Ampat. Apabila ingin lebih praktis, Anda bisa memancing sambil sailing alias berlayar. Panduan wisata Raja Ampat terkait aktivitas memancing adalah tidak menangkap ikan atau binatang laut lainnya yang dilindungi. Untuk yang tertarik, Anda bisa menggunakan peralatan sendiri atau menyewa alat pancing berikut kebutuhan memancing lainnya di sekitar Raja Ampat.

 

Panduan Wisata Raja Ampat: Biaya dan Akomodasi

Dalam panduan wisata Raja Ampat kali ini, satu hal yang juga dianggap penting adalah biaya dan akomodasi yang dibutuhkan. Anda nantinya akan memerlukan banyak biaya untuk membeli tiket perjalanan pulang-pergi. Tidak hanya itu, Anda juga memerlukan anggaran untuk menyewa akomodasi penginapan karena biasanya wisata ke Raja Ampat akan berlangsung beberapa hari. Disamping itu, persiapkan pula anggaran tambahan jika Anda ingin menjajal aneka kuliner yang tersedia di Raja Ampat. Apabila tidak ingin repot dengan persiapan keuangan berikut agendanya, Anda  bisa menggunakan jasa biro wisata tour and travel.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa panduan wisata Raja Ampat tidaklah sederhana. Bagi yang tidak menggunakan jasa biro wisata, Anda harus benar-benar memikirkan bagaimana pengaturan keuangan berikut dengan itinerary alias agenda wisata setibanya di sana. Jika menggunakan biro wisata, Anda mungkin hanya perlu mempersiapkan barang-barang pribadi yang perlu dibawa seperti pakaian, kotak obat, kamera, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *