Kecantikan Pulau Salawati di Raja Ampat

Pulau Salawati Raja Ampat

Surga Indonesia Timur yang sangat populer dan sedang naik daun adalah Raja Ampat yang berada di Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat memang terkenal dengan alamnya yang begitu indah dan masih sangat alami. Ada beberapa pulau dengan pemandangan pantai dan potensi wisatanya yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Salawati. Untuk informasi lebih detail lagi mari simak ulasannya berikut ini.

Pulau Salawati merupakan empat pulau terbesar yang berada di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Kecantikannya pun sudah tersohor hingga mancanegara, tak heran jika banyak turis asing yang mengunjungi pulau eksotis tersebut. Di sana ada beberapa hal menarik yang akan ditemukan apabila sedang berlibur di tempa ini.

 

7 Hal Menarik yang Ada di Pulau Salawati Raja Ampat

  1. Perairannya yang indah

Saat mengunjungi pulau ini Anda pun akan dibuat kagum dengan perairannya yang begitu indah. Bagaimana tidak? Pulau yang hanya seluas 1.623 km persegi tersebut memiliki air laut biru jernih seperti di kolam renang. Tidak hanya itu saja, pasir pantainya pun juga berwarna putih ditambah pepohonan yang hijau di sekitar pantai membuat tempat tersebut layak untuk dikunjungi. Karena tidak begitu luas, pulau ini hanya bisa dimasuki oleh 2 kapal motor saja. Saking jernihnya air laut di sini, Anda pun pasti tidak sabar ingin melihat pemandangan bawah lautnya.

 

  1. Adanya peninggalan Perang Dunia II

Siapa sangka jika pulau cantik nan eksotis ini merupakan saksi biksu terjadinya Perang Dunia II. Di Pulau Salawati terdapat bunker peninggalan Belanda dan Jepang. Selain itu, di dasar laut pulau tersebut juga terdapat kapal perang yang karam akibat terjadinya perang. Hal tersebut menjadikan pulau ini menjadi semakin unik dan menarik untuk dikunjungi.

 

  1. Terdapat ikan pelangi khas Pulau Salawati

Di pulau ini juga memiliki hal unik dan tak bisa ditemukan di tempat lain, yaitu adanya spesies ikan pelangi. Ikan tersebut merupakan endemic Pulau Sulawati karena hanya memang terdapat di tempat ini saja. Ikan tersebut ditemukan di Sungai Doktor dan nama latin dari hewan cantik ini adalah Melanotaenia Salawati. Spesies ikan tersebut hanya bisa ditemui di Sungai Doktor saja dan ada sedikit cerita mengapa sungai itu dinamakan demikian. Para penduduk sekitar menjadikan sungai tersebut untuk meditasi dan airnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Oleh sebab itu, sungai ini dinamakan Sungai Doktor. Anda pun dapat melihat-lihat ikan pelangi yang cantik itu di Pulau Salawati.

 

  1. Indahnya alam bawah lautnya

Di Kepulauan Raja Ampat terkenal akan keindahan alam lautnya yang masih sangat alami. Di Pulau Salawati sendiri memiliki alam bawah laut yang sangat mempesona. Ratusan spesies ikan dan juga terumbu karang berwarna warni bisa dijumpai di sini. Tidak hanya itu saja, bawah laut pulau tersebut juga menyimpan peninggalan sejarah Perang Dunia II. Di sana terdapat bangkai kapal sisa perang dan sudah menjadi bagi rumah ikan-ikan yang ada di situ. Anda pun bisa menyaksikannya sendiri secara langsung saat sedang berlibur di sana.

 

  1. Tarian adat yang terkenal

Selain alamnya yang indah, Pulau Salawati juga terkenal dengan kearifan lokalnya. Ya, di sini juga memiliki tradisi budaya yang sangat digemari oleh wisatawan yaitu Tarian Wor. Tarian khas Suku Biak tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi salah satu pulau terbesar di Raja Ampat itu. Baju yang dikenakan pun mirip seperti di Hawaii dengan rok rumbai-rumbai dari rajutan daun sagu dan dipadukan dengan ikat kepala dari bulu hewan. kalau ada ingin melihat tari-tarian ini bisa juga menghubungi kami di RajaAmpatHolidays.com untuk mengadakannya.

 

  1. Terdapat pohon sagu yang tumbuh liar

Di Indonesia Timur banyak terdapat pohon sagu dan sudah menjadi makanan pokoknya sejak dahulu. Pohon sagu di Pulau Salawati pun banyak tumbuh secara liar di sini. Bila Anda ingin melihat pemandangan yang lain, mungkin pohon-pohon sagu tersebut bisa menjadi alternatif. Masyarakat Papua sendiri banyak yang mengolah tepung sagu menjadi salah satu makanan pokok yaitu Papeda. Para wisatawan pun banyak yang penasaran ingin mencicipi Papeda.

 

  1. Tempatnya yang masih perawan dan tidak ramai

Bila kebanyakan tempat wisata akan dipenuhi pengunjung saat liburan tiba, berbeda dengan Pulau Salawati. Tempat ini sangat jauh dari keramaian dan alamnya pun juga masih perawan. Oleh karena itu, pulau tersebut sangat pas didatangi khusus untuk Anda yang ingin ketenangan.

Ketujuh hal unik atau fakta menarik tentang salah satu pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di atas bisa membantu Anda yang ingin mencari informasi pulau tersebut. Selain indah dan alamnya yang begitu unik, kearifan lokalnya pun juga menjadi daya tarik tersendiri. Namun Anda harus ingat, mengunjungi wisata alam sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *