Indahnya Pulau Misool Raja Ampat

Pulau Misool Raja Ampat

Pernahkah Anda mendengar Indahnya Pulau Misool Raja Ampat? Jika Anda seorang traveller sejati, pastinya sudah mengetahui betapa menariknya berlibur ke Raja Ampat. Papau atau dulu bernama Irian Jaya memang populer dengan kekayaan alamnya yang menakjubkan. Pulau Misool sebenarnya adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Bagi Anda yang suka wisata sport water seperti diving atau snorkeling maka Pulau Misool bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan pemandangan alam bawah lautnya yang masih sangat terjaga dan alami. Pulau Misool ini sangat menarik karena disana Anda bisa melihat jejak bersejarah dari peninggalan Kerajaan Misool. Berwisata ke Raja Ampat Papua Barat tentunya akan memberikan pengalaman yang seru dan menarik.

Indahnya Pulau Misool Raja Ampat yang Sayang Jika Terlewatkan

Traveller yang pernah berlibur dan melihat Indahnya Pulau Misool Raja Ampat ini mengatakan bahwa Misool bisa diibaratkan sebagai surga kecil yang sangat mempesona. Keindahan taman laut dan pantainya akan membuat para pengunjung enggan untuk beranjak dari pulau ini. Sepanjang mata memandang, Anda bisa melihat bentangan sederetan pulau dan batu karang dari atah timur dan baratnya. Sekedar informasi, Misool adalah salah satu pulau besar dari empat pulau yang ada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Lokasi Misool berbatasan dengan perairan laut lepas dan Laut Seram. Pulau ini berada di lokasi yang jauh dari hiruk pikuk kota sehingga Anda bisa menikmati semua keindahannya tanpa harus membaginya dengan orang banyak. Selain itu, pulau-pulau yang ada di sekeliling pulau Misool ini memang sebagian besar tidak dihuni.

Indahnya Pulau Misool Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jika Anda sudah berenang ke lautnya yang bening dan amat menyegarkan. Lautnya yang berwarna turquoise dipadukan dengan langit yang cerah tentu akan menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan. Tak hanya pantainya yang jernih, hamparan pasir putihnya juga seakan menambah pesona alamnya yang luar biasa. Panorama alam dari pulau terpencil ini meliputi bentangan laut lepas yang bening dan luas dan dikelilingi rimbunnya  pepohonan mangrove dan hutan tropis yang asri dan hijau. Bagi Anda yang belum tahu, Kepulauan Raja Ampat adalah wilayah yang masuk dalam segitiga karang dunia. Di kepulauan ini, ada taman laut yang memiliki kurang lebih 75 persen ikan hias dan karang di dunia. Perairan lepas yang berbatasan dengan Pulau Misool adalah jalur migrasi aneka hewan laut mulai dari Hiu, paus dan lain sebagainya.

 

Indahnya Pulau Misool Raja Ampat yang Mempesona

  1. Transportasi

Untuk bisa menikmati Indahnya Pulau Misool Raja Ampat Anda harus menyeberang lautan memakai kapal. Namun sebelumnya, Anda harus naik pesawat agar bisa sampai di Bandara Domne Eduard Osok Sorong. Sesampainya di Sorong, Anda bisa langsung mencari kapal yang bisa mengantarkan Anda untuk menyeberang ke pulau Misool. Tidak perlu bingung dimana tempat penyewaannya  karena ada banyak kapal yang tersedia setiap hari dan bisa Anda sewa untuk menyeberang. Waktu tercepat yang ditempuh untuk bisa sampai ke pulau Misool  adalah sekitar 4 sampai 5 jam. Tarif kapalnya sendiri berkisar Rp 200 ribuan. Jika Anda ingin yang lebih murah, bisa menaiki kapal biasa dengan tarif hanya Rp 70 ribuan. Hanya saja waktu yang harus ditempuh terbilang cukup lama yakni 10 jam.

Sesudah sampai nya di Pulau Misool, pengunjung bisa memilih untuk mengikuti tur paket wisata yang tersedia. Untuk menjelajahi pulau ini, Anda akan diajak menaiki perahu pinisi. Mengingat bahwa destinasi terbaik di Raja Ampat ini merupakan daerah kepulauan, maka tidak mengherankan jika alat transportasi yang paling banyak digunakan adalah transportasi laut. Dengan menaiki kapal, pastinya Anda bisa lebih mudah mengelilingi dan menjelajahi keindahan Pulau Misool. Biasanya, paket tur yang tersedia disana sudah termasuk biaya kapal sebagai kendaraan dan juga tempat menginap. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing menyewa apapun nantinya.

  1. Wisata kuliner

Selain bisa menikmati Indahnya Pulau Misool Raja Ampat, Anda juga bisa melalukan wisata kuliner. Di pulau ini, Anda bisa mencoba makan khas masyarakat Papua yakni Papeda yang dikombinasikan dengan segarnya Kuah Kuning dan Ikan Tude Bakar. Setelah lelah menyelam dan berjalan-jalan, rasa lapar di perut pastinya akan membuat aneka masakan khas dari Papua ini semakin terasa lezat. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi lezatnya Dabu-dabu dan sambal rica yang menggoyang lidah. Perlu diketahui bahwa di Papua, makanan pengganti nasi adalah sagu. Jadi sesampainya di pulau ini, Anda tidak boleh sampai melewatkan makanan dari sagu yang terkenal dengan nama papeda ini. Apalagi, ikan bakar yang disajikan di rumah makan sekitar Pulau Misool juga masih sangat fresh.

  1. Aktivitas

Indahnya Pulau Misool Raja Ampat memang membuat siapapun terpesona. Untuk Anda yang suka olahraga air, maka mengunjungi pulau ini adalah suatu keharusan. Pasalnya pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih dan segar. Di pulau ini, Anda bisa bebas melakukan kegiatan diving atau snorkeling. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan beraneka hewan laut eksotis yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Jadi, jangan kaget jika nanti Anda bisa melihat ikan hiu berkeliaran dengan bebas di laut Pulau Misool. Mengingat bahwa perairan laut pulau Misool ini adalah perairan bebas, maka Anda harus menyewa guide atau pemandu untuk melakukan kegiatan snorkling atau diving.

Disamping melakukan aktivitas sport water, Anda juga bisa menikmati Indahnya Pulau Misool Raja Ampat  dari atas perahu yang berlayar. Jika beruntung, Anda dapat bertemu dengan hewan laut saat menjelajahi pulau nan eksotis ini. Keindahan pulau Misool memang seperti tidak berujung karena selama berlayar, Anda tidak akan pernah kehabisan pemandangan alam yang sangat menawan. Tentunya, tempat wisata ini bisa menjadi tempat terbaik untuk Anda yang suka berpetualang.

Di perairan sekitar Pulau Misool ini, ada sejumlah titik penyelaman atau titik diving yang menawarkan pengalaman super spektakuler bagi Anda yang ingin menjelajahi taman surga bawah laut. Perlu diketahui bahwa taman laut yang dimiliki Pulau Misool ini sangat terkenal sampai mendunia. Ada beragam hewan laut yang bisa ditemui mulai dari ikan pari, penyu, hiu, paus, terumbu karang, dan biota laut menakjubkan lainnya. Oleh karena itu, kegiatan apapun yang Anda lakukan di pulau ini pastinya akan memberikan kesan yang sangat mendalam untuk liburan Anda.

Musim menyelam di Pulau Misool hampir sepanjang tahun. Hanya saja memang, ketika musim hujan maka kegiatan penyelaman Anda akan sedikit terganggu. Oleh karena itu, usahakah agar Anda berkunjung tidak saat musim penghujan. Musim hujan biasanya dimulai dari bulan Juni hingga bulan September. Selain menaiki perahu, Anda juga bisa melakukan boat trips. Menggunakan boat ini, Anda bisa menjelajahi kepulauan di Papua Barat yang sangat eksotis dan belum masih sangat alami dan belum terjamah polusi dan kerusakan ini. Berjemur di bawah sinar matahari pantai juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan.

  1. Danau ubur-ubur

Indahnya Pulau Misool Raja Ampat tidak berhenti sampai di perairan lepasnya saja. Anda juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke danau ubur-ubur di Pulau Misool. Seperti namanya, danau ubur-ubur ini memang ditinggali oleh ubur-ubur yang sangat cantik. Tidak perlu khawatir karena semua ubur-ubur yang ada di danau ini tidak beracun sehingga aman untuk dikunjungi. Bayangkan, betapa serunya berenang ditemani ubur-ubur? Sangat menakjubkan bukan? Tentunya, pemandangan ini tidak boleh sampai terlewatkan oleh Anda.

  1. Peninggalan bersejarah

Selain menawarkan pesona dan Indahnya Pulau Misool Raja Ampat, para wisatawan juga akan diajak untuk melihat keanekaragaman adat istiadat masyarakat lokal yang sangat indah. Budaya yang dimiliki masyarakat di pulau ini juga masih sangat kental, sehingga Anda bisa melihat betapa mempesonanya perbedaan budaya dan istiadat di tanah air tercinta. Menariknya lagi, di Pulau Misool ini terdapat lukisan di dinding-dinding dalam gua yang mengandung nilai sejarah yang tinggi. Lukisan yang dikenal dengan nama petroglyph tersebut berbentuk seperti ikan, tangan manusia dan lain sebagainya. Diperkirakan, lukisan ini sudah ada sejak 5.000 tahun lamanya.

Di sekitar Pulau Misool, terdapat beberapa desa yang ternyata juga sangat menarik untuk didatangi. Berkunjung ke desa-desa dengan populasi penduduk yang masih sangat sedikit pastinya akan memberikan pengetahuan dan pengalaman menarik untuk mengenal lebih dalam budaya lokal dan juga adat istiadat masyarakat setempat selain menikmati Indahnya Pulau Misool Raja Ampat.

  1. Penginapan

Rasanya tentu tidak akan puas jika Anda berkunjung ke pulau ini tanpa menginap. Di pulau Misool, sudah ada homestay atau penginapan yang sengaja dikelola masyarakat setempat untuk para wisatawan yang berkunjung. Jika Anda memiliki budget yang pas-pasan untuk menginap, tidak perlu cemas karena masyarakat Desa Harapan Jaya menyediakan penginapan dengan harga murah mulai dari ratusan ribu. Namun apabila Anda menyiapkan budget lebih, maka bisa menginap di resor terbaik yang ada di Pulau Misool. Memang, di Pulau Misool Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap baik dari kelas ekonomi maupun kelas eksklusif yang mewah dan mahal. Untuk Anda yang berencana datang ke Pulau Misool tentunya harus berhemat budget mengingat perjalanannya yang tidak murah serta harga barang disana yang juga sangat mahal. Meskipun demikian, semua dana yang dikeluarkan tentunya sebanding dengan pengalaman dan Indahnya Pulau Misool Raja Ampat.

 

  1. Spot Foto keren

Indahnya Pulau Misool Raja Ampat memang menjadi tempat yang sangat menarik dan menawan untuk mengambil gambar tidak kalah juga dengan keindahan Wayag di Raja Ampat Bagian Utara. Jangan sampai lupa untuk membawa kamera ke tempat wisata ini karena Anda pasti akan menyesal. Pasalnya setiap sudut dari pulau Misool memang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Mulai dari bentangan pantai dan pasir putihnya, taman laut yang eksotis, danau ubur-ubur sampai dengan hutan mangrove, semua sangat mempesona dan wajib untuk Anda abadikan.

Sangat menarik bukan? Anda yang ingin berlibur dan melihat Indahnya Pulau Misool Raja Ampat ini tentu harus menabung mulai dari sekarang. Karena biaya perjalanan untuk bisa sampai ke Papua Barat ini memang cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *