Apa Saja Wisata yang Ditawarkan di Pulau Misool

Misool Raja Ampat

Pulau Misool merupakan salah satu gugusan pulau yang terdapat di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Pulau terbesar di gugusan kepulauan tersebut berbatasan dengan Laut Seram dimana perairan tersebut merupakan jalur lintas binatang laut lepas seperti paus. Pulau ini menjadi salah satu destinasi / tujuan wisatawan mancanegara maupun domestik ketika mengunjungi Raja Ampat. Apa yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi pulau ini?

Aktivitas Wisata di Pulau Misool

Anda dapat mencapai Pulau Misool dari Sorong menggunakan kapal laut. Ada pula jasa speedboat pribadi yang dapat menjemput Anda dari bandara Sorong bagi Anda yang telah memesan inap di resort seperti Misool Eco Resort dan Papua Diving. Sesampainya di resort, Anda akan diperlihatkan dengan kamar inap yang ekslusif untuk beberapa hari selama Anda tinggal. Selanjutnya, Anda bisa melakukan aktivitas seperti berikut ini.

  1. Pemandangan Pantai

Setiap gugusan pulau di Raja Ampat memiliki pemandangan yang memiliki kesan tersendiri. Demikian halnya dengan pulau Misool. Pulau yang memiliki deretan batu karang di bagian timur dan baratnya ini menawarkan keindahan pantai pasir putih serta pemandangan hutan mangrove hijau yang dapat Anda abadikan dengan kamera saat mengunjungi tempat ini. Anda bisa sekedar bermain air atau berjemur di pantai. Ketika bermain di pantai, yang harus Anda pastikan adalah memakai alas kaki karena bukan tidak mungkin Anda akan menemukan binatang-binatang tajam di sekitar pantai.

  1. Jelajah pulau dengan perahu boat

Selain bermain-main di sekitar pantai, Anda juga bisa melakukan penjelajahan ke segala sisi pulau menggunakan perahu boat yang disewakan oleh pihak setempat. Aktivitas boat trips ini dapat memberikan pengalaman menyaksikan pemandangan eksotis dari lingkungan pulau yang belum banyak terjamah ini. Anda juga bisa menyaksikan bagaimana pulau tersebut dijaga kelestariannya agar tidak tercemar oleh polusi.

  1. Kayaking

Kayaking merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menggunakan kayak, semacam perahu kecil untuk 1 orang yang dijalankan dengan cara didayung. Anda bisa melakukan olahraga ini dengan santai sambil melihat-lihat biota dan terumbu karang yang terlihat melalui air yang jernih di sekitar pulau ini.

  1. Scuba diving

Olahraga yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi pulau Misool. Berbagai kehidupan bawah laut di tempat ini merupakan surga bagi para penggemar scuba diving. Melalui air bening yang memiliki warna turquoise, Anda bahkan sudah bisa melihat ikan dan binatang laut lainnya. Saat menyelam, Anda bahkan bisa mencapai hingga jarak pandang 25 meter.

Untuk menikmati keindahan kehidupan bawah laut, adaa banyak titik penyelaman di pulau Misool. Anda bisa meminta rekomendasi dari fasilitator setempat untuk menikmati aktivitas menyelam semaksimal mungkin. Ketika Anda akan memutuskan melakukan aktivitas olahraga ini, Anda perlu mengecek bagaimana keadaan cuaca. Meskipun menyelam dapat dilakukan sepanjang tahun, namun bagaimanapun, pada musim hujan, olahraga ini tidak akan dapat dilakukan secara maksimal akibat faktor tersebut.

  1. Snorkeling

Aktivitas lainnya yang juga bisa Anda coba saat berwisata di pulau Misool adalah snorkeling. Anda bisa menyewa akomodasi snorkeling di resort yang ada di pulau ini untuk menyaksikan keindahan segitiga karang serta berbagai ikan hias dari dekat. Sama seperti aktivitas diving, Anda tidak direkomendasikan melakukan kegiatan ini pada musim penghujan karena air saat itu lebih keruh dari biasanya.

  1. Wisata budaya

Selain mengunjungi kawasan pantai dan laut, Anda juga bisa mengunjungi desa-desa di Pulau Misool. Desa-desa yang hanya memiliki sedikit populasi dan sarat dengan tradisi tersebut dapat menambah wawasan budaya Anda. Anda juga bisa mengalami dan melihat langsung bagaimana orang-orang di desa tersebut menjaga adat-istiadat setempat. Di samping itu, selama perjalanan Anda juga dapat menyaksikan burung-burung di kawasan hutan mangrove yang belum tentu Anda bisa temukan di kota.

 

  1. Wisata Petroglyph

Bagi mereka yang tidak bisa melakukan aktivitas menyelam, Anda bisa melakukan aktivitas wisata berikut ini, yaitu kunjungan Petroglyph. Dinamakan demikian karena obyek utama dari wisata ini berupa lukisan bentuk tangan manusia, ikan, serta jenis makhluk lainnya di dinding-dinding gua. Lukisan yang diperkirakan berusia lebih dari 5000 tahun tersebut tersembunyi diantara labirin batuan karst. Lukisan yang memiliki warna merah dominan ini tidak jarang diabadikan dalam lensa kamera oleh para pengunjung.

Wisata ke kawasan Raja Ampat termasuk ke Pulau Misool memang tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu, ada tips khusus agar Anda bisa mengunjungi tempat ini. Apabila masalah yang mengganjal Anda untuk berlibur di tempat ini berkaitan dengan biaya, solusinya adalah dengan berwisata secara berkelompok. Dengan berkelompok, paket wisata yang Anda harus bayar akan lebih ringan. Mereka yang merupakan kaum muda juga bisa melakukan wisata ala backpacker. Dengan begitu, pengeluaran yang tidak perlu bisa ditekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *